Pages

Subscribe:

Minggu, 02 Juni 2013

LOGO UNEJ

sejarah Unej


Seberapa pentingkah logo bagi universitas? 

       Tentu apabila ditanyakan beberapa orang ada beberapa jawaban yang diterima, seberapa penting orang menilai suatu logo itu kehendak mereka, namun aku menilai ini bukan dari penting atau tidaknya melainkan logo adalah identitas dari suatu lembaga. Mungkin kita sering melihat beberapa kesamaan antara universitas satu dengan universitas lain seperti bangunan perkuliahan, jas almamater, konsep tata ruang kampus dan lain sebagainya namun yang mudah dibedakan anatara satu dengan yang lainnya adalah dari logo tersebu, maka uniknya logo di setiap universitas yang ada di Indonesia berbeda-beda. Kalo ada yang sama maka akan menjadi sengketa mengenai hak milik logo.
          Daripada terlalu jauh bahas masalah logo secara umum lebih baik kita langsung saja mengenal logo dari Universitas Kesayangan kita Universitas Jember. Jangan sampai kita sendiri sebagai pemilik logonya tidak mengetahui logo kita sendiri.

  1.     Tangkai daun padma terbalik dengan berjumlah lima lembar yang pada     ujungnya melengkung. 
  2.    Tiga helai daun tembakau dengan posisi dua lembar terletak di kiri dan kanan dengan tangkai menjadi satu di tengah-tengahnya dengan bentuk simetris, satu lembar lainnya berdiri di tengah-tengah dalam bentuk bayangan. 
  3.    Terdapat daun padi beserta butirnya dan daun jagung yang teletak di tengah tengah daun tembakau. 
  4.     Sepuluh lidah api, 5 di sebelah kiri dan 5 di sebelah kanan terletak di atas daun tembakau. Punggung lidah api membentuk lingkaran sebelah luar sedangkan kaki lidah membentuk daun tembakau yang ketiga.  
  5.   Daun padi beserta buahnya, daun jagung terinkat menjadi satu pada tangkai pengikat.
  
logo unej
logo setelah menjadi Universitas Jember sebelumnya universitas Negeri Jember
 

             Seperti itulah logo Universitas Jember dalam bentuk yang kita kenal saat ini, dan tidak terlalu berbeda dengan logo Uned pada saat dibentuk. Logo tersebut dibuat dengan segera pasca terpisahnya Unita dari Universitas Brawijaya kemudian membentuk Universitas yang independen dengan nama Universitas Negeri Djember. Setelah logo tersebut dibuat kemudian ditempat di bendera Universitas yang berwarna kuning emas yang bermakna keagungan dan kebijaksanaan. Kemudian diikuti dengan bendera-bendera Fakultas yang berjumlah 5 Fakultas pada awal berdirinya Uned (sebelum namanya Universitas Jember).



  • Bendera Fakultas Hukum menggunakan warna merah sebagai warna dasar bendera yang memiliki makna keberanian terhadap kebenaran dan keadilan. 
  • Bendera Fakultas Sosial dan Politik menggunakan warna dasar biru yang mengandung makna harapan dan kedamaian.  
  • Bendera Fakultas Pertanian menggunakan warna dasar hijau yang mengandung makna kesuburan dan kemakmuran. 
  • Bendera Fakultas Ekonomi dengan warna dasar kuning yang mengandung makna kebijaksanaan, kejayaan, dan kemakmuran. 
  • Bendera Fakultas Sastra dengan warna dasar jingga yang mengandung makna keindahan, kecintaan, dan keagungan.
 

4 comments:

Widodo van Sodhunk mengatakan...

wah mantap.. aq sampe nyari2 daun tembakau yang ke 3.hehehe

sopyan fahrur hadi mengatakan...

haha iya.. aku nyari data arsipnya daun ketiga itu yang mana.. kalo logo yang dulu lebih jelas bentuk daunnya mas.. haha cuma belum tak taru logonya.. hehe

Widodo van Sodhunk mengatakan...

menarik nih, aku nulis tentang logo juga ahh..hehe

sopyan fahrur hadi mengatakan...

haha.. iya ws mas tak tunggu....

Poskan Komentar